INFO BEASISWA

PMB STMIK SUMEDANG

PROGRAM BEASISWA DAN “ONE STUDENT ONE ENTREPRENEURSHIP” STMIK Sumedang


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia resmi membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2020. Program KIP Kuliah ini adalah program bantuan pendidikan kepada siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau akademi. Program Beasiswa KIP Kuliah merupakan program pengganti program Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi (BIDIKMISI) yang diluncurkan pemerintah sebelumnya. Meski begitu, program Beasiswa BIDIKMISI yang sementara berjalan ini tetap dijalankan dengan istilah on going. Program KIP Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

STMIK Sumedang sejak tahun 2016 telah menjadi salah satu PTS yang menyelenggarakan program BIDIKMISI melalui jalur seleksi mandiri PTS, dan juga menyelenggarakan Program KIP Kuliah melalui jalur seleksi mandiri PTS sejak tahun 2020. Di mana, Program KIP Kuliah ini memiliki peningkatan kuota penerima, yang dulunya di program Beasiswa BIDIKMISI hanya 10-15 kuota per Tahun Akademik setelah dialihkan ke program KIP Kuliah bertambah menjadi 25 kuota.

Sesuai dengan Pedoman KIP Kuliah, untuk pendaftaran Program KIP Kuliah, bisa dilakukan memalui sekolah masing-masing atau siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store. Pendaftaran KIP Kuliah ini menggunakan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Di mana, NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2021 valid, sesuai data siswa yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kemendikbud.

Pada pada Tahun Akademik 2020/2021 STMIK Sumedang juga mendapatkan Bantuan Pendidikan UKT/SPP untuk mahasiswa Semester 3, 5 dan 7 dari Pemerintah Indonesia sebanyak 150 kuota penerima. Bantuan Pendidikan UKT/SPP ini merupakan implementasi dari arah kebijakan pendidikan tinggi untuk mengantisipasi dampak Covid-19 serta perluasan cakupan mahasiswa penerima manfaat BIDIKMISI/KIP Kuliah.

Selain beasiswa/bantuan Pemerintah tersebut, di STMIK Sumedang juga dilaksanakan Program “One Student One Entrepreneurship”. Di mana, dengan program ini diharapkan mahasiswa mampu mengerjakan dan menciptakan sesuatu yang baru dengan kreatif dan penuh inovasi yang tujuannya agar bermanfaat bagi dirinya, orang lain serta memiliki nilai lebih dan tidak terlalu bergantung kepada beasiswa/bantuan Pemerintah dan Biaya dari orang tua mahasiswa. Program ini, dapat menciptakan sebuah sikap mental mahasiswa yang mempunyai kreativitas, aktif, bercipta daya guna membuat sesuatu yang unik dan baru serta bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan banyak orang.

Need Help? Chat with us